Selamat Tinggal.....Kakek....!

Selasa, 29-Maret-2011



Hari ini, jam sebelas siang, aku menerima pesan singkat dari Mbak Ifa. Bapak Wahab telah pulang ke Rahmatullah…..Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji’un…..



Sudah lebih dari satu Minggu bapak wahab dirawat di rumah sakit, sejak tanggal 18 Maret lalu, dokter bilang jantung beliau telah membesar dan hanya mu’jizat yang bisa menyembuhkannya….Allah….



Secepat itukah beliau meninggalkan kami? sesaat aku bisa bernafas lega menerima e-mail dari Mbak Wilda, sepupuku, dua hari yang lalu~27-Maret~ mengatakan bahwa beliau telah siuman setelah tiga kali diduga hampir meninggal.



Aku teringat saat aku masih kecil…..kelas empat SD, aku dirawat di rumah sakit selama berhari-hari karena “Muntaber”, beliau menjengukku, di samping tempat tidur beliau memberiku semangat untuk sembuh, beliau berkata kalau aku sembuh, kita bisa masak sate bersama saat Idul Adha. Allah…..saat itu juga dadaku sesak, aku tidak tahan untuk menangis, air mataku meleleh……



Aku tidak bisa membalas perbuatan beliau kepadaku….di saat-saat terakhir, aku ingin melakukan hal yang sama yang beliau lakukan kepadaku, duduk di sampingnya…..dan memberikan semangat kehidupan……lagi-lagi….jarak memisahkan kita.



Aku tidak mengira secepat ini beliau pergi, padahal….aku ingin beliau masih ada saat aku lulus nanti, melihat kesuksesanku, melihat aku saat menikah nanti, menimang anakku yang mungkin berambut pirang khas Mesir dan Eropa (ah…..semoga..).



Tidak ada yang bisa kulakukan, aku ingin sekali mengurus jenazah beliau bersama keluarga, dan ingin melihat pusara beliau disaat terakhir. Tapi….di jarak sejauh ini, hal itu mustahil aku lakukan, yang hanya bisa aku lakukan hanyalah berdo’a…



Aku langsung menulis pesan singkat ke teman-temanku, aku kirim pesan ke sa’ad, temanku dari Afganistan juga teman-ku dari Mesir, Mostafa Atef yang terkadang menjadi imam para penduduk muslim dari seluruh dunia di Mesir.



Aku kirim pesan ke mereka untuk ikut mendo’akan jenazah Bapak Wahab, aku ingin Bapak Wahab dido’akan oleh seluruh muslim di dunia, tidak hanya Indonesia.





Zhie

0 Responses

Posting Komentar

abcs