Namaku di Mata Dunia

Rabu, 29-Juni-2011
Selepas Ashar



respon yang aneh, berbeda dan mengesalkan saat orang-orang dari belahan lain menyebut namaku.


tak jarang aku tertawa saat mereka menyebut namaku. orang mesir memili cara baca yang aneh. berbeda dengan orang arab. saat mereka memperkenalkan namaku sebagai "Zainuddin", mereka geleng-geleng, sulit mengeja, dan bengong beberapa saat.


saat hal itu terjadi, mau tidak mau aku harus menulis namaku di secarik kertas, baru setelah itu, mereka tertawa dan berteriak,"Zinedin"...!!!


sejak itu aku mulai sedikit mengerti tentang gaya bicara orang mesir, setiap kali aku bertemu dengan orang mesir, aku buang kata Zainuddin, karena aku yakin mereka tidak akan faham, aku katakan kalau namaku, Zinedin.


*******


terkadang aku terlewat batas. memperkenalkan nama Zinedin tidak hanya ke orang Mesir, tetapi juga ke teman-teman dari negara lain, spontan mereka tidak faham. sampai terkadang ada orang kulit hitam, entah dari negara mana memarahiku.
"masa "Zainuddin" dibaca "Zinedin" Hey....kamu itu mahasiswa al-Azhar."
spontan saja aku tersinggung, dia membawa nama al-Azhar untuk mencelaku, aku balas dia, "kamu berapa tahun di Mesir, kamu tidak pernah bergaul dengan orang mesir? kamu tidak tahu yaa...dalam bahasa "Amiyahnya(bahasa pergaulan yang dipakai orang mesir), orang-orang mesir menyebut "Zainuddin" itu "Zinedin", dan kamu tidak pernah melihat televisi apa? pemain sepakbola Muslim Zinedine Zidane, jika dituis dalam bahasa arab bacanya gimana, Zainuddin bukan?


si Afrika yang berkulit legam itu akhirnya diam tak berbahasa, aku tertawa senang didalam hati, makanya hati-hati kalau mencela orang, salah mengejek orang ente bro...

*******


terkadang, orang mudah mengenaliku, karena namaku mirip peman sepakbola perancis berkebangsaan Aljazair, Zinedine Zidane. mereka langsung berteriak saat aku mengucap "Zainuddin".
Zainuddin.....? Zinedine Zidane?? Demi Allah..!!!??
aku langsung menganggukkan kepala sambil tersenyum kecil.


hari ini, selepas Ashar, aku baru saja berkenalan dengan dua orang Nigeria. aku memperkenalkan diriku sebagai Zainuddin, karena aku kapok. aku harus pandai dan teliti menyebutkan namaku. khusus orang mesir saja aku mengatakan Zinedin. mereka takjub mendengar namaku, Masya Allah...!! nama yang sungguh bagus...Hiasan Agama....Insya Allah kamu akan bisa menghiasi agama...


yaa....semoga suatu saat aku bisa memberi warna pada agamaku, bukan warna yang kelam tentunya, tapi warna solidaritas dan pengertian.





Zhie
0 Responses

Posting Komentar

abcs